Selasa, 01 Desember 2015

Cara Mengukus Cake Kukus yang Baik

Haloooooooo gengs, masih ingatkan beberapa hari yang lalu, saya share resep cake kukus. Nah pada kesempatan kali ini saya pengen cerita nih gimana cara membuat cake  kukus dengan teknik yang benar dengan hasil kece maksimal. Ehhehe. Penasaran? Let’s check it out J


Apa sih cake kukus itu? Namanya juga cake kukus, ya pasti cake yang dimasak dengan cara dikukus.  Nah, kalo pengukusan yang kamu lakukan benar, akan menghasilkan kue yang perfect, enak dan teksturnya yang bagus. Apa sih keuntungnya dikukus ketimbang di oven? Ada ga ya perbedaanya?. Jawabannya yuk disimak baik-baik.






Cake kukus vs cake oven
    1. Cake kukus akan terasa basah sedangkan cake oven lebih kering
    2. Teksturnya cake kukus lebih padat dibandingkan oven
    3. Pori-pori cake kukus lebih rapat ketimbang dioven.
    4. Cake kukus tidak berkulit, sementara cake yang di oven berkulit dengan warna kecoklatan.

Nah poin ke-4 ini yang membuat saya merekomendasikan untuk kamu yang masih pemula, lebih baik membuat cake dengan teknik kukus. Karena cake kukus ini kalo kelamaan dimasak ga bakalan gosong dan berkulit. Hehehehe

Pemilihan bahan
  • Tepung


tepung yang digunakan  tentu saja tepung terigu protein sedang, tetapi juga banya resep kue kukus menggunakan tepung beras, tepung ketan, tepung ketan hitam dan maizena. 

  • Lemak

Cake kukus biasanya menggunakan margarin cair. tapi, sebagian orang lebih menyukai menggunakan minyak. cake yang menggunakan minyak mengahasilkan tekstur yang lebih lembut ketimbang margarin. tetapi soal rasa lebih enak menggunakan margarin

  • Bahan Lain 
  • cokelat
banyak cake kukus menggunakan bahan tambah ini, misalnya brownis kukus, cokelat bisa berupa cokelat masak, cokelat bubuk dan cokelat pasta.

  •  aroma dan rasa
bisa didapat melalui pasta atau bahan alami seperti daun pandan atau rempah-rempah. sementara untuk rasa dapat menggunakan buah-buahan yang segar ataupun yang sudah berbentuk basah (kaleng), atau essens.

Metode Pembuatan


  1. pengocokan telur : telur harus dikocok sampai mengembang. kenapa? agar udara yang kita masukkan kedalam telur lebih maksimal. sehingga ketika masak kue akan mengembang dengan sempurna. atau pengocokan telur dilakukan hingga gelembung-gelembung kecil pada telur tidak ada lagi. ini bisa dilakukan dengan menggunakan kecepatan mixer secara bertahap selain itu mixerpun akan lebih awet.
  2. memasukkan bahan kering : bahan kering seperti tepung, cokelat bubuk, baking powder dll. sebaiknya dimasukkan bersamaan. dengan menggabungkan di satu wadah sesama bahan kering. ini bertujuan agar pengadukan dilakukan hanya sekali pengadukan setelah bahan dimasukkan. selain itu, udara yang kita masukkan secara maksimal ke dalam telur ketika dikocok. 
  3. Emulsifier : tujuan menggunakan bahan cair dan lemak pada cake kukus yang berlapis agar adonan yang belum dikukus tetap stabil meski harus menunggu lapisan sebelumnya matang, akan stabil
  4. Loyang : pada loyang yang akan digunakan sebaiknya di alasi kertas roti di bagian bawah agar kue tidak lengket ketika akan di keluarkan dari loyang. sebaiknya jangan mengolesi minyak atau margarin disisi loyang, karena kue akan mengkerut apabila sudah dingin. 
  5. pengukusan : saat pengukusan sebaiknya tutup kukusan di lapisi dengan kain agar air tidak menetes kedalam adonan kue. pengukusan kue seharusnya tepat waktu agar kue tidak keras dan padat. 
nah itu tadi tips dan trik agar berhasil membuat kue kukus. semoga bermanfaat ya gengsss, happy cooking :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Hera Purwanti
Penggemar kuliner asal Pekanbaru ini, memiliki hobi dalam membuat resep masakan, kue dan juga gemar mencicipi. Jika ingin berkomunikasi, kirim email ke herapurwantisupanggih1@gmail.com.