Jumat, 20 November 2015

Chocolate Souffle

Chocolate Souffle


Hallooo gengs, saya pengen share nih pengalaman pertama saya membuat Chocolate Souffle yang lembuuut, creamy dan sweet (kayak saya) heehehehe. Awalnya saya tau Chocolate Souffle diacara MasterChef Indonesia. Karena penasaran makanya saya browsing recipenya. Keterbatasan mendapatkan bahan-bahannya tidak membuat saya hopeless. Pada akhirnya saya modifikasi resepnya dengan ala saya. Alhamdulillahnya berhasil. Yeaaahhhh. Nah resepnya ini cocok banget buat kamu yang masih pemula, baru belajar dan masih coba mencoba untuk memasak. Yuuk intip pembuatan dessert favorite saya ini.

Bahan:
  • 2 kuning telur/ 2 egg yolk
  • 3 putih telur / 3 egg whites
  • 45 ml /3 sdm susu cair(milk)
  • 60 gram cokelat batang pekat/dark cooking chocolate
  • 30 gram cokelat bubuk/ coco powder
  • 45 ml/ 3 sdm air/ water
  •  ¼ sdt garam/ salt
  • 90 gram gula pasir/sugar
  • Gula bubuk/ sugar powder secukupnya untuk taburan diatasnyaa


Bahan pelengkapnya:
  •   Margarine/butter dan gula secukupnya untuk olesan di ramekin/cetaknnya


Cara membuat:

  1. Pertama, oles rata margarin/ butter pada ramekin/cetakkan, lalu oleskan lagi gula pada permukaan ramekin yang sudah di oles butter. Sisihkan.
  2. Panaskan susu dengan api kecil hingga mendidih (pinggirannya berbuih), angkat.
  3. Lalu tambahkan cokelat batangan kedalam susu. Biarkan 1 menit lalu aduk hingga cokelat larut dan menyatu dengan susu.
  4. Tambahkan cokelat bubuk aduk sampai rata, lalu tambahkan air. Aduk
  5. Lalu didihkan air di wadah lain. Letakkan wadah yang berisi campuran cokelat dan susu tadi keatasnya aduk hingga cokelat bubuk rata didalamnya. Angkat, biarkan dingin
  6. Wadah lain, kocok putih telur dengan garam hingga setengah mengembang. Masukkan gula secara perlahan. Agar putih telur tidak kempis. Kocok hingga kaku. Kocokan putih telur yang baik untuk membuat souffle ini, jika kamu balik wadahnya, putih telur tidak akan jatuh masih menempel pada wadah.
  7. Masukkan 2 kuning telur kedalam capuran cokelat yang telah dingin, aduk rata
  8. Campurkan cokelat dengan putih telur. Sebaiknya mencapur cokelat dengan putih telur harus perlahan dan satu arah. Agar putih telur tidak turun dan jatuh. Ambil sedikit putih telur aduk perlahan di dalam campuran cokelat ratakan. Lalu masukkan campuran cokelat yang sudah di beri sedikit putih telur tadi kedalam wadah putih telur. Ingat, mengaduknya harus perlahan. Memang, Kita harus memberikan perlakuan extra untuk putih telur ini. Aduk hingga rata ya. Lalu masukkan adonan kedalam ramekin/loyang yang sudah dioles butter dan gula 
  9. Oven pada suhu 190 celcius selama ± 15 menit. Atau hingga souffle naik 1 ½ inch dari bibir ramekin. Angkat, taburi dengan gula bubuk. Souffle buatan kamu siap di santap.

souffle yang sudah diberi gula bubuk.
fotonya kurang bagus, maaf ya :) 


Nb: souffle ini harus di santap panas-panas gengs. Kenapa? Begitu souffle keluar dari oven dia akan mulai menurun. Naiknya souffle hanya bertahan ± 3-5 menitan. Sooo, selamat mencoba and happy cooking. kalo ada pertanyaan ataupun saran silahkan. ini forum diskusi gengss :) 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

author
Hera Purwanti
Penggemar kuliner asal Pekanbaru ini, memiliki hobi dalam membuat resep masakan, kue dan juga gemar mencicipi. Jika ingin berkomunikasi, kirim email ke herapurwantisupanggih1@gmail.com.